Sabtu, 14 September 2019

Review Pengkaderan 14 September 2019

Halo semua!!! 

Assalamu'alikum Wr.Wb

Kali ini saya akan meReview tentang pengkaderan yang dilaksanakan kemarin atau tepatnya tanggal 14 September 2019. 

Oh iya ada yang tau pengkaderan gak? Jadi pengkaderan itu (menurut saya) adalah kegiatan di luar jadwal kuliah yang dilaksanakan oleh kakak tingkat kita yang bertujuan untuk saling konsisten dalam belajar, saling membantu, kerjasama, menambah daya kekreativitas kita dll. Menurut ku sih begitu hehe. Ok langsung aja review tentang pengkaderan ya! 



Pengkaderan dilaksanakan pada tanggal 14 September tepatnya hari Sabtu yang dilaksanakan di Gedung FAD UPN Jawa Timur. Pertama-tama kami harus ngumpul di depan Lobi FAD dulu. Setelah itu, kami disuruh baris seperti biasa lalu per kelompok akan diarah kan ke Studio IV untuk mendapatkan Materi. 



Saat sudah berada di Stidio 4, kami menunggu Pemberi Materi. Setelah datang kami diberi materi PLAGIARISM yang di presentasikan oleh Ibu Adiba yaitu dosen SPA Arsitektur kebetulan dosen saya sendiri heheh..



Apa itu Plagiarism? Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. 

Istilah plagiat berasal dari bahasa Inggris plagiarism atau plagiary serta dalam bahasa Latin plagiarius yang artinya penculik atau penjiplak. Wah siapa nih yang suka Plagiat ? Hahaha. Intinya plagiat itu kita suka niru orang lain atau suka Copas artikel-artikel orang lain mauoun dari internet atau dari buku. Untuk jenis Plagiarisme itu ada 4 macam gais. Apa aja ya? 

Plagiat Ide (Plagiarism of Ideas). Tipe plagiat ini relatif sulit dibuktikan karena ide atau gagasan bersifat abstrak dan kemungkinan memiliki persamaan dengan ide orang lain. Atau, ada kemungkinan terjadi adanya dua ide yang sama pada dua orang pencipta yang berbeda. 
Plagiat Kata demi Kata (Word for word plagiarism). Tipe ini serupa dengan slavish copy, yaitu mengutip karya orang lain secara kata demi kata tanpa menyebutkan sumbernya. Plagiasi dianggap terjadi karena skala pengutipannya sangat substansial sehingga seluruh ide atau gagasan penulisannya benar-benar terambil. Plagiasi seperti ini banyak dilakukan pada karya tulis. 
Plagiat Sumber (Plagiarism of Source). Plagiat tipe ini memiliki kesalahan yang fatal karena tidak menyebutkan secara lengkap selengkap-lengkapnya referensi yang dirujuk dalam kutipan. Jika sumber kutipan itu merujuk seseorang sebagai penulis yang terkait dengan kutipan, maka nama penulis tersebut harus turut serta disebut. Ini tentu sikap yang fair dan tidak merugikan kepentingan penulis tersebut serta kontributor-kontributor lainnya. 
Plagiat Kepengarangan (Plagiarism of Authorship). Tulis karya tulis yang disusun oleh orang lain. Tindakan ini terjadi atas dasar kesadaran dan motif kesengajaan untuk membohongi publik. Misalnya mengganti kover buku atau sampul karya tulis orang lain dengan kover atas namanya tanpa izin. 
Wah itu dis Jenis-jenis plagiat. Udah paham kan ? Dan untuk hukuman nih apa ya hukumannya ? Untuk hukuman bagi mahasiswa adalah kita bisa dapet Skorsing dan bisa aja kita di keluarkan dari Universitas kita sendiri loh wah jangan sampai ya ??

Untuk menghindari Plagiarism kita bisa memberi Sitasi atau Daftar Pustaka, menulis intisari dari kalimat yang diambil atau menyusun ulang kalimat yang kita ambil. 

Setelah Materi Plagiarism selesai. Kami menuju dpr untuk mempresentasikan hasil lukisan yang udah dilukis di Kanvas. Setelah mempresentasikan. Kami langsung mencari tempat untuk melukis gambar yang sudah kita gambar sebelumnya. Kami mengambil latar belakang Perkampungan Ampel atau kampung arab lah. Setelah selesai melukis kami berkumpul kembali berbaris untuk mengambil tas dan segera berkumpul di depan Lobi FAD untuk siap siap pulang yeayy.. 


Daftar Pustaka 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme
Putra, R.M.S. 2011. Kiat Menghindari Plagiat. Jakarta: Indeks.
Soelistyo, Henry. 2011. Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika. Yogyakarta: Kanisius.
Suyanto dan Jihad, Asep. 2011. Betapa Mudah Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Multi Solusindo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar