Minggu, 08 September 2019

REVIEW MATERI PENGKADERAN FAKULTAS HARI PERTAMA

Pada hari Sabtu tepatnya tanggal 8 September 2019, kami mengikuti pengkaderan fakultas di Gedung Giri Yasa atau gedung FAD (Fakultas Arsitektur da Desain). kami harus berada di depan lobi Gedung FAD tepat pukul 07.30 pas. Lalu, kami baris sesuai kelompok. Anggota kelompok saya ada Saya (sebagai ketua kelompok), Agung, Syamsu, Havit, Fido, Shafira, Anin, Feby, Ayun dan Jean. dan untuk PK sendiri adalah mbak Nabila. Setelah itu kelompok untuk 7 - 14 langsung ke sudio 4 untuk menerima materi. Setelah masuk ke studio, kami langsung baris sesuai kelompok dan duduk untuk menunggu pemberi materi datang. Karena masih lama, kami langsung disuruh untuk melukis duluan. Karena kami merupakan kelompok Art Deco. Kami harus melukis sesuai aliran masing- masing, sebelum melukis harus nentuin konsep dulu dong hehe. Karena kami melukis dengan Aliran Art Deco kami menemukan konsep yang sedikit apa ya? kalo dibilang konten dewasa lah hahaha. Karena Aliran Art Deco itu memiliki definisi yang nyeleneh seperti contoh-contoh yang di google bisa searching kok hhehe. Jadi Art Deco itu merupakan Aliran campuran dari Aliran modern seperti Kubisme,Kontruktisme dan futurisme. Setelah menemukan konsep kami langsung menggambar sketch terlebih dahulu dong eahh. JAdi, kami menggambar seorang dewi pembawa perdamaian yang dimana dewi ini duduk dengan posisi kaki kiri disilangkan ke kanan. Untuk tangannya dia membawa timbangan yang dimana melambangkan keadilan dan untuk tangan kiri dia membawa gelas wine yang melambangkan keseimbangan. Dan untuk matanya dia ditutup kain karena itu melambangkan karena semua didunia itu Tabu dan kita tidak tahu itu benar atau nggak karena Tuhan lah yang bisa menentukan mana yang benar mana yang salah. Setelah gambar sketch selesai, kami langsung mewarnai dengan terburu-buru karena waktu udah sangat mepet. So, mewarnainya agak terburu-buru hahaha. Karena Pembawa Materi segera datang, dan kami juga udah selesai meskipun belum selesai gimana sih? pokoknya gitulah. Waktu Habissss dan kami langsung lepass dan berhenti untuk melukis. Setelah itu Pembawa Materi masuk dan kami mendengarkan dengan posisi duduk dan juga sambil nyemil.

 Pada saat itu pembawa materi itu bernama Bu Masnuna yaitu dosen dari DKV. Disana kami di beri materi tentang aliran-aliran seni yaitu :

1. Dadaisme dimana dadaisme merupakan sebuah aliran yang menyajikan karya artistik dari bentuk yang seram, magis, mengerikan, kekanak-kanakan atau naive, dan terkadang mengesankan.
Ciri-ciri Aliran Seni Lukis Dadaisme:
·         Seni yang tidak mau ilusi atau ketiadaan ilusi.
·         Dominasi warna hitam, merah, dan hijau dengan pewarnaan primer, tajam serta kontras.
Tokoh-tokoh Aliran Seni Lukis Dadaisme: Duchamp, Hans Arp, Roull Haussmann

2. Abstrak yaitu seni yang tidak menggambarkan sesosok orang, benda, tempat dan lainnya .alam bentuk yang alami, melainkan didisorientasi atau dilebih-lebihkan dengan sedemikan rupa. Intinya gak jelas gitu deh dan lukisan ini di lukis oleh kelompok 1.

3. Art Deco yaitu seni aliran yang memiliki gabungan dengan aliran modern yaitu Kubisme. futurisme dan konstruktivisme. Aliran ini populer pada abad 19an yaitu 1910an sampai 1920. Dan tentunya ini yang gambar kelompok saya hehe.

4. Futurisme menurut saya sendiri sih sebuah ilmu yang mempelajari gerak kedepannya. contohnya nih ya kita itu melukis kuda yang sedang berlari. Semacam itu lah

5. Surealisme yaitu sebuah seni yang tidak fana maskudnya gak mungkin ada gitu di dunia ini, pokoknya gambar yang penuh imajinasi lah seperti itu.

6. Yang terakhir adalah Kubisme yaitu aliran seni yang terdapat unsur geometrinya jadi gambar itu dibuat dengan bentuk geometri, misal gambar gajah tapi dalam bentuk geometri gitu.

Okelah setelah materi dari Ibu Masnuna , kami dari kelompok 1-14 dikumpulkan dalam satu ruangan dan materi selanjutnya diisi oleh kakak-kakak dari BEM yang menjelaskan tentang Manajemen Event. Event merupakan suatu organisasi yang dikelola secara professional, sitematis, efisien dan efekti. Kewajiban dari masing-masing team adalah semua anggota harus saling kerjasama, dan di setiap event tidak boleh ada ego agar tidak hancur konsepnya. Dan kenapa perlu adanya manajemen? Agar tidak ada kesamaan degan konsep event yang lain, dan pasti terjadinya kendala eksternal maupun internal dalam team.
Setelah itu, kelas kami diisi oleh president BEM kami, yaitu mas Fandes. Di waktu ini, kami diberi 11 hal penting menurut presiden BEM kami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar di depan public.
  • Memahami apa yang akan disampaikan
  •  Bahasa tubuh yang sangat penting untuk komunikasi
  • Pilih diksi, kemudian susun diksi sebaik mungkin
  •  Mengetahui lawan bicara kita
  • Belajar tentang psychology
  • Menggunakan pakaian sebaik mungkin
  • Adaptasi, improvisasi dan atasi
  • Candaan adalah jalan terbaik agar tidak bosan
  • Evaluasi
  •  Membuat sesuatu agar lebih simple
  •  Bekerja keras untuk menciptakan talenta yang lebih lagi saat talenta kita tidak bekerja keras.
Setelah itu kami langsung kumpul didepan lobi FAD dan disitu kami baris untuk persiapan menuju masjid untuk menunaikan sholat. Setelah kami menunaikan sholat kami kembali kedepan lobi dan kami di arahkan untuk main games di bebarap titik di dekat Gedung FAD. Kelompok 11 bersama kelompok 5 akan berhadapan pada games pertama yaitu di parkiran dosen dekat lobi. Disitu kami bemain lempar-lemparan bola. Kedua kami masih dengan kelompok 5 sebagai lawan. Pada permainan kedua kami bermain apa ya namanya lupa pokoknya kita harus cepet cepetan langkah tapi kami memakai seperti banner yang panjang trus melangkah. Kayak roda kendaraan tank gitu deh. Dan untuk permain terakhir yaitu pada lantai 4. Dimana ini kayaknya bukan games sih hehehe semacam pelatihan mental gitu lah. Dan untungnya sih kelompok kami aman tapi ada satu sih yang masalah yaitu anggota ku yang telat. Tapi untungnya gk sampai dimarahin parah banget gitu. Dari berbagai permainan tersebut dapat disimpulkan bahwa semua mengandung makna tersendiri yaitu Kerja sama, melatih mental, Kompak, Kelincahan, Fokus. Setelah semua games terlaksanakan kami disuruh kumpul dan diberi tugas. Dan kami diperbolehkan pulang di rumah masing-masing.



Thank You Guys 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar